Aplikasi Office Gratis untuk PC Anda

Aplikasi pengolahan kata yang banyak di gunakan adalah Microsoft Office, ini karena mayoritas pengguna Sistem Operasi di Indonesia adalah Microsoft Windows. Namun, untuk yang menggunakan lisensi bajakan aplikasi itu tentu saja bisa di dapat secara gratis. Tapi untuk yang menggunakan lisensi berbayar, aplikasi Microsoft Office juga harus di beli secara terpisah dan memang harganya lumayan mahal.
Aplikasi Office Gratis untuk PC Anda Image
Biasanya pembeli PC mendapatkannya Microsoft Windows Original satu paket dengan pembeliannya. Tentunya untuk biaya tak terduga Anda belum memikirkannya. Tapi tanpa mengeluarkan biaya, Anda bisa mendapatkan Aplikasi seperti Microsoft Office secara gratis. Beberapa aplikasi yang di sebutkan selanjutnya sebenarnya di khususkan bagi Linux dan pecinta Open Source lainnya.  Yang memang sebagian pengembangnya berasal dari komunitas tersebut.

Open Office

Open Office sangat portable dan lebih kecil ukurannya, terlebih lagi aplikasi ini mampu di jalankan di beberapa Platform seperti Mac, Linux, dan Windows. Aplikasi ini juga mampu membuat file ODT, yaitu aplikasi yang bisa di buka oleh platform apa saja termasuk melalui Mobile Phone.
Aplikasi Office Gratis untuk PC Anda Image
Aplikasi gratis ini dapat di unduh melalui situs resminya di http://www.openoffice.org/download/. Yang menjadi andalan lainnya adalah Open Office bisa membuka dua buah ekstensi berbeda dari Microsoft Office yaitu DOC dan DOCX. Pada Microsoft Office, file DOC bisa di buka di versi 2003, 2007, dan 2010. Sedangkan Ekstensi DOCX hanya bisa di buka di versi 2007 dan 2010. Ini merupakan salah satu Update yang melemahkan Microsoft. Open Office juga menyediakan fitur pengolahan aplikasi pembayaran seperti Excel dan Slide persentasi yang tersedia dalam satu paket download.

Libre Office

Aplikasi ini mampu meng-hasilkan format ODF , sama seperti Open Office, sebuah ekstensi yang jarang sekali di buat oleh aplikasi sejenisnya. Nama LibreOffice sebenarnya adalah gabungan dari kata Libre (bahasa Spanyol dan Perancis yang berarti bebas) dan Office (bahasa Inggris yang berarti kantor). Awalnya aplikasi ini adalah lanjutan dari proyek Open Office namun sudah di akuisisi oleh perusahaan Oracle untuk berdiri sendiri.
Aplikasi Office Gratis untuk PC Anda Image
Secara garis besar aplikasi ini memang di peruntukkan untuk pengguna kantoran.  Anda bisa mengunduhnya di situs resmi nya yang beralamat di http://www.libreoffice.org/download/. Libre Office juga menyediakan fitur pengolahan aplikasi pembayaran seperti Excel dan Slide persentasi yang tersedia dalam satu paket download.
Menurut penulis, ada baik nya Anda meng-install salah satu aplikasi di atas. Sebab jika suatu saat Anda mendapatkan file doc dan di PC Anda hanya menggunakan Microsoft Office 2007, maka salah satu aplikasi di atas bisa membukanya. Selamat mencoba.

0 komentar:

Poskan Komentar