Solusi Tinta Hitam tidak Keluar pada Printer Canon MP258 Akibat Tinta Kering atau Tersumbat

     Pernahkah printer anda mengalami masalah seperti Error, hasil cetak yang tidak sesuai atau malah tinta yang tidak keluar? Saya pernah mengalami salah satu dari masalah tersebut pada Printer Canon MP258, tinta hitam printer saya tidak keluar padahal tintanya masih ada. Hal ini sungguh membuat saya kesal, bagaimana tidak, ketika akan mencetak sesuatu tiba-tiba ada masalah. Saya coba cari solusinya dengan bantuan om Google, ternyata hal seperti nie memang biasa terjadi akibat Printer yang jarang digunakan, apalagi Catridgenya sudah pernah direfill.
Langkah pertama yang saya lakukan adalah membersihkan Kepala Cetak Cartridgenya dengan fasilitas yang ada pada Printer, pembersihan sudah saya lakukan sampe "Pembersihan Tingkat Dalam", Namun tetap aja nggak ada hasilnya. Akhirnya saya menemukan solusi untuk masalah tinta tidak keluar pada Printer Canon MP258, yaitu dengan cara merendam Kepala Cartridge ke dalam air panas dan membersihkan bak (tank) Cartridge tersebut. Awalnya saya sempat ragu karna takut malah makin parah/rusak, tapi dengan modal nekat saya lakukan hal tersebut dan ternyata berhasil. Bagi anda yang masih ragu-ragu sebaiknya tidak mengikuti saran saya ini, namun bagi anda yang ingin mencoba mari silahkan simak langkah-langkahnya seperti di bawah ini.

  1. Lepaskan Cartridge
  2. Buka bagian atas penutup Cartridge dengan cara mencongkelnya memakai obeng minus (-)
  3. Ambil busa yang terdapat dalam Cartridge
  4. Rendam busa dengan air dan bersihkan hingga bersih
  5. Rendam sambil goyang-goyangkan Head Cartridge dengan air hangat selama 15-20 menit (usahakan bagian chip jangan terkena air)
  6. setelah Cartridge selesai direndam, tuangkan sedikit air hangat ke dalam bak (tank) Cartridge sambil dibilas hingga bersih
  7. Lap bagian bak (tank) Cartridge dengan tisu
  8. keringkan busa dan Cartridge dengan panas matahari hingga benar-benar kering
  9. pasangkan kembali Cartridge seperti semula, pakai Lem untuk menyatukan penutup Catridge
  10. isi tinta kira-kira 4ml ke dalam Cartridge dan biarkan meresap hingga 15 menit
  11. pasangkan kembali Cartridge ke Printer
  12. Lakukan proses pembersihan kepala cetak
  13. Lakukan pengetesan, jika masih belum bisa diamkan hingga beberapa jam kemudian coba lagi
Semoga berhasil, jika anda tidak ingin mengalami hal tersebut atau malas melakukan seperti yang di atas, belilah Cartridge yang original setelah tinta sudah habis (Canon selalu menyarankan anda untuk mengganti Cartridge yang sudah habis dengan yang baru agar Printer anda tetap awet).

6 komentar:

Posting Komentar