Cara Memperbaiki Connector Keyboard Laptop Yang Patah atau Rusak


Bagaimana memperbaiki konektor keyboard yang rusak pada motherboard laptop?
Panduan ini menjelaskan cara untuk memperbaiki konektor keyboard yang rusak pada motherboard laptop.

Bila keyboard pada laptop anda rusak atau berhenti bekerja dengan benar dan anda memutuskan untuk mengganti keyboard baru itu sendiri.
Lalu anda membongkar laptop, membongkar keyboard dan mencoba untuk membuka konektor keyboard dan... Aduuuuuh!!! sepotong dari klip pengunci pada konektor tanpa sengaja anda patahkan.

Apa yang dapat anda lakukan? Sayangnya, anda tidak memiliki banyak pilihan. Konektor keyboard secara permanen disolder ke motherboard dan anda tidak dapat mengganti konektor keyboardnya saja.
Jika konektor rusak, Anda harus mengganti motherboard secara keseluruhan, menggunakan laptop dengan keyboard USB eksternal, atau.... coba trik berikut ini dan semoga berhasil.

Kabel keyboard terkunci di dalam konektor pada motherboard dan untuk melepas keyboard, anda harus membuka dan melepaskan konektor kabel keybooard nya terlebih dahulu.

Pada gambar di bawah ini Anda melihat salah satu konektor keyboard yang paling umum. konektor keyboard berwarna putih dan kuncinya berwarna coklat.
biasanya kendala waktu mau melepaskan, Kabel keyboard macet antara klip pengunci dan rumah konektor.
Untuk membuka konektor, Anda harus memindahkan klip pengunci sekitar 2 mm pada arah yang ditunjukkan oleh dua panah kuning.


INGAT! Klip pengunci harus tetap melekat ke dasar konektor.
Setelah itu barulah anda dapat menarik kabel keyboard ( panah hijau ) dan lepaskan keyboard.

Jika Anda memasukkan kabel keyboard ke konektor dan anda tidak menguncinya dengan klip, kabel tidak akan membuat kontak yang baik dengan pin dalam konektor dan tentunya keyboard tidak akan bekerja.

Bila tanpa sengaja anda mematahkan klip pengunci konektor, tidak usah panik dan terbayang untuk segera mengganti motherboard.
pasang kembali klip konektor yang patah pada tempatnya, letakan pada posisi terbuka lalu masukan kabel keyboard dan tekan kembali klip konektor agar ke posisi mengunci.
lalu anda ambil solasi atau lakban agar klip konektor tetap berada pada posisi mengunci kabel keyboard.



semoga tips dari saya diatas dapat berguna bagi anda semua.

0 komentar:

Poskan Komentar