Apple, RIM dan Motorola "Damai" Demi Nano-SIM?

European Telecommunications Standards Institute (ETSI) masih kesulitan memutuskan standar kartu SIM nano. Standar yang diajukan Apple masih bersaing dengan standar yang diajukan Research in Motion (RIM) dan Motorola.

Pada saat ETSI melakukan pemungutan suara untuk memutuskan standar kartu SIM nano di Eropa, sebenarnya Apple sudah memenangkan 28 suara dan hanya 7 suara yang menolak. Sementara standar yang diajukan oleh RIM, Nokia dan Motorola hanya 6 yang setuju dan 23 suara yang menolaknya.

Jika dilihat dari komposisi jumlah suara, jelas Apple yang menang. Namun ketua ETSI memutuskan tidak ada kesepakatan yang bisa dicapai dari dua solusi standar yang diajukan.
Akibatnya, keputusan  final terhadap standar kartu SIM tersebut secara resmi ditunda dan akan dilanjutkan kembali pada 31 Mei dan 1 Juni 2012 mendatang di Osaka, Jepang.

Menghadapi hal itu, Motorola dan RIM pun melempar gagasan untuk menggabungkan dua proposal yang bersaing menjadi satu standar baru. Standar baru ini ternyata juga didukung oleh vendor yang lain, Samsung.

Apple yang berjuang sendiri, belum tentu akan mempertahankan standar yang dimiliki. Ini karena, standar yang diajukan oleh ketiga pesaingnya itu sebenarnya banyak menuruti standar yang diajukan Apple.

Di sisi lain, Nokia yang awalnya juga menentang standar milik Apple kini nampak tak bersuara. Belum jelas apakah Nokia akan mendukung standar yang baru, mendukung Apple atau malah membuat standar sendiri.

Berikut standar kartu SIM nano yang diajukan oleh masing-masing vendor:
standar mot nok rim
standar baru

Berikut ukuran desain standar kartu SIM nano:
Desain milik Apple:
apple-4ff-0517
Desain milik Motorola dan RIM:
motorola-4ff-0517

0 komentar:

Poskan Komentar