Layar Monitor Melebar

Kerusakan monitor : Gambar melebar dan tidak bisa diatur.
Pasti ada saja yang pernah mengalami hal seperti ini. Gambar monitor kamu melebar dan kamu sudah berusaha memperbaikinya dengan mensetting pada pengaturan monitor namun masih saja tidak bisa.
Kerusakan seperti ini memang sering terjadi, pada umumnya terjadi karena retaknya solderan pada kaki transistor pelebar gambar yang terletak di dekat transistor horisontal dan flyback.
Kerusakan seperti ini dapat kita golongkan kedalam kerusakan ringan, kenapa saya katakan kerusakan ringan. Karena kerusakan ini tidak menyebabkan kerusakan fatal yang menyangkut komponen lain nya.


Pada kasus yang saya tangani kali ini, saya menemukan bahwa kerusakan monitor untuk gambar melebar dikarenakan oleh dioda dumper yang mengalami kebocoran arus sehingga transistor pelebar gambar menjadi tidak berfungsi. Transistor dumper ini salah satu kakinya terhubung dengan ground, dan jika terjadi kebocoran sedikit saja, maka lebar horisontal monitor akan terganggu.
Untuk mengatasinya, kamu hanya perlu menggantinya dengan yang baru. Tapi ingat juga untuk mengecek komponen lainnya seperti kapasitor yang mongkin saja juga terjadi

0 komentar:

Poskan Komentar