LCD Laptop COMPAQ Blank

LCD laptop compaq blank putih atau hitam dan bergaris (rusak).
Hal tersebut terjadi pada salah satu laptop salah satu teman saya yang katanya sudah lama rusak dan malas diperbaiki karena masalah biaya.
Masalah yang timbul pada laptop teman saya ini adalah timbulnya garis putih dan berwarna secara acak sehingga lama kelamaan tampilan pada layar laptop menjadi tidak kelihatan sama sekali, karena telah ter-blok oleh warna hitam ataupun putih secara bergantian.
Cara memperbaiki laptop compaq yang rusak bergaris seperti ini sebenarnya mudah. Dari hal yang termudah yaitu dengan menggunakan layanan garansi dari laptop kamu sendiri. Tapi bagaimana jika garansi kamu habis? dan kamu ingin memperbaiki laptop kamu ke service center resmi? tentu kamu akan dikenakan biaya yang dibilang cukup mahal, apalagi kita masih pelajar ataupun mahasiswa yang belum berpenghasilan.
Seperti halnya teman saya ini sudah pernah membawwa laptopnya ke service center HP (karena compaq dan hp jadi satu) dan si teknisi berkata “Laptopnya bisa diperbaiki, dan kisaran harga sekitar 2,5 juta sampai 4,5 juta dan juga harus dikirim ke jakarta” wah pikir saya minimal seminggu tuh di jakarta. Teman saya juga berpikir untuk mengeluarkan biaya sebesar itu, karena harganya yang hampir menyamai laptop baru sekarang.
Saya iseng untuk menawarkan “membongkar” laptop begundal tersebut. Karena saya ada sedikit ilmu teknik ngawur yang memang saya miliki dari kecil (asal bongkar asal nyala apapun caranya). Setelah mendapatkan persetujuan dari si pemilik laptop langsung saja saya bedah laptop tersebut.
  • Saya buka semua baut yang ada dibagian bawah body laptop untuk mempermudah membuka keyboard dan chasing bagian atas.
  • Lepaskan chasing bagian atas khususnya bagian yang paling dekat dengan engsel LCD (untuk melepaskan baut LCD dari  body).
  • Lepas kabel flexyble yang menempel pada MB. Dan lepas juga kabel mic serta kabel antena wifi.
  • Pisahkan terlebih dahulu bagian LCD terhadap MB untuk mempermudah pengecekan.
  • Pasang kembali hanya kabel flexyble saja dengan kondisi LCD tanpa chasing (hanya lembaran LCD).
  • Sambil laptop dinyalakan dan LCD kamu pegang, tekan tekan mulai dari daerah flexyble hingga daerah main board yang ada pada bagian belakang LCD yang bertuliskan don’t touch (boleh kok dipegang).
  • Hindari memegang kabel yang berwarna putih dan pink, karena kabel tersebut adalah kabel bertegangan tinggi untuk mencatu backlight.
  • Dalam hal ini saat saya sampai pada main board (saya tekan) dan gambar yang dihasilkan jadi baik atau sempurna tanpa garis maka dapat di indikasikan bahwa ada komponen yang loggar dibagian itu. Bisa saja yang loggar adalah flexyble dari main board LCD menuju LCD panel nya langsung.
  • Seperti kata saya diatas, asal bongkar asal nyala, dari pada uang terbuang 4,5 juta langsung saja laptop begundal tersebut saya akali dengan sesuatu.
  • Awalnya saya menggunakan Hansaplast (maaf menyebut merk), namun kurang berhasil karena daya rekatnya kurang baik.
  • Saya gunakan plaster kardus berwarna hitam dan sedikit kapas yang saya tempelkan pada bagian belakang LCD.
  • Hasilnya, sekarang saya bisa posting artikel ini dengan laptop yang sudah saya betulkan tersebut.
Semoga bermanfaat dan dapat menjadi bahan acuan untuk kerusakan laptop kamu atau kunjungi lokasi service saya.
Beberapa dokumentasi :
LCD COMPAQ Lepas
LCD COMPAQ Lepas
Tekan Bagian Belakang LCD
Tekan Bagian Belakang LCD
Tekan LCD Dengan Bantuan Kapas dan Perekat
Tekan LCD Dengan Bantuan Kapas dan Perekat

1 komentar:

MCH luk-thelukman mengatakan...

kalo mau bongkar lcdnya gimana gan ?

Posting Komentar